Selasa, 03 April 2012

Doa yang dikabulkan Allah


Web Hosting

Doa yang dikabulkan Allah



Allah Yang Mahakuasa, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang, telah berfirman dalam al-Qur’an bahwa Dia dekat dengan manusia dan akan mengabulkan permohonan orang-orang yang berdoa kepada-Nya. Adapun salah satu ayat yang membicarakan masalah ter­sebut adalah:
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi-Ku, dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebe­nar­­an.” (Q.s. al-Baqarah: 186).

Sebagaimana dinyatakan dalam ayat di atas, Allah itu dekat kepada setiap orang. Dia Maha Mengetahui keinginan, perasaan, pikiran, kata-kata yang diucapkan, bisikan, bahkan apa saja yang tersembunyi dalam hati setiap orang. Dengan demikian, Allah Mende­ngar dan Mengetahui setiap orang yang berpaling kepada-Nya dan berdoa kepada-Nya. Inilah karunia Allah kepada manusia dan sebagai wujud dari kasih-sayang-Nya, rahmat-Nya, dan kekuasaan-Nya yang tiada batas.

Allah memiliki kekuasaan dan pengeta­huan yang tiada batas. Dialah Pemilik segala sesuatu di seluruh alam semesta. Setiap makh­luk, setiap benda, dari orang-orang yang tam­paknya paling kuat hingga orang-orang yang sangat kaya, dari binatang-binatang yang sangat besar hingga yang sangat kecil yang mendiami bumi, semuanya milik Allah dan semuanya berada dalam kehendak-Nya dan pegaturan-Nya yang mutlak.

Seseorang yang beriman terhadap kebenar­an ini dapat berdoa kepada Allah mengenai apa saja dan dapat berharap bahwa Allah akan mengabulkan doa-doanya. Misalnya, sese­orang yang mengidap penyakit yang tidak dapat disembuhkan tentu saja akan berusaha untuk melakukan berbagai macam pengo­batan. Namun ketika mengetahui bahwa hanya Allah yang dapat memberikan kesehat­an, lalu ia pun berdoa kepada-Nya memohon kesembuhan.

Demikian pula, orang yang mengalami ketakutan atau kecemasan dapat berdoa kepada Allah agar terbebas dari keta­kutan dan kecemasan. Seseorang yang meng­hadapi kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan dapat berpaling kepada Allah untuk menghilangkan kesulitannya. Seseorang dapat berdoa kepada Allah untuk memohon berbagai hal yang tidak terhitung banyaknya seperti untuk memohon bimbingan kepada jalan yang benar, untuk dimasukkan ke dalam surga bersama-sama orang-orang beriman lainnya, agar lebih meyakini surga, neraka, Kekuasaan Allah, untuk kesehatan, dan seba­gainya.

Inilah yang telah ditekankan Rasu­lullah saw. dalam sabdanya:
“Maukah aku beritahukan kepadamu suatu senjata yang dapat melindungimu dari keja­hatan musuh dan agar rezekimu bertam­bah?” Mereka berkata, “Tentu saja wahai Ra­su­lul­lah.” Beliau bersabda, “Serulah Tuhan­mu siang dan malam, karena ‘doa’ itu meru­pakan senjata bagi orang yang ber­iman.”1

Namun demikian, terdapat rahasia lain di balik apa yang diungkapkan dalam al-Qur’an yang perlu kita bicarakan dalam masalah ini. Sebagaimana Allah telah menyatakan dalam ayat:
“Dan manusia berdoa untuk kejahatan sebagaimana ia berdoa untuk kebaikan. Dan manusia itu tergesa-gesa.” (Q.s. al-Isra’:11). 
 
Tidak setiap doa yang dipanjatkan oleh manusia itu bermanfaat. Misalnya sese­orang memohon kepada Allah agar diberi harta dan kekayaan yang banyak untuk anak-anaknya kelak. Akan tetapi Allah tidak melihat kebaikan di dalam doanya itu. Yakni, kekaya­an yang banyak itu justru dapat mema­lingkan anak-anak tersebut dari Allah. Dalam hal ini, Allah mendengar doa orang tersebut, meneri­manya sebagai amal ibadah, dan me­ngabul­kannya dengan cara yang sebaik-baik­nya.

Sebagai contoh lainnya, seseorang berdoa agar tidak terlambat dalam memenuhi per­janjian. Namun tampaknya lebih baik baginya jika ia sampai di tujuan setelah waktu yang ditentu­kan, karena ia dapat bertemu dengan sese­orang yang memberikan sesuatu yang lebih bermanfaat untuk kehidupan yang abadi. Allah mengetahui masalah ini, dan Dia me­nga­bulkan doa bukan berdasarkan apa yang dipikirkan orang itu, tetapi dengan cara yang terbaik. Yakni, Allah mendengar doa orang itu, tetapi jika Dia melihat tidak ada kebaikan dalam doanya itu, Dia memberikan apa yang terbaik bagi orang itu. Tentu saja hal ini merupakan rahasia yang sangat penting.

Ketika doa tidak dikabulkan, orang-orang tidak menyadari tentang rahasia ini, mereka mengira bahwa Allah tidak mendengar doa mere­ka. Sesungguhnya hal ini merupakan keyakinan orang-orang bodoh yang sesat, karena “Allah itu lebih dekat kepada manusia daripada urat lehernya sendiri.” (Q.s. Qaf: 16).

Dia Maha Mengetahui perkataan apa saja yang diucap­kan, apa saja yang dipikirkan, dan peristiwa apa saja yang dialami seseorang. Bahkan ketika seseorang tertidur, Allah mengetahui apa yang ia alami dalam mimpi­nya. Allah adalah Yang menciptakan segala sesuatu. Oleh karena itu, kapan saja seseorang berdoa kepada Allah, ia harus menyadari bahwa Allah akan menerima doanya pada saat yang paling tepat dan akan memberikan apa yang terbaik baginya.

Doa, di samping sebagai bentuk amal ibadah, juga merupakan karunia Allah yang sangat berharga bagi manusia, karena melalui doa, Allah akan memberikan kepada manusia sesuatu yang Dia pandang baik dan berman­faat bagi dirinya. Allah menyatakan penting­nya doa dalam sebuah ayat:
“Katakanlah: ‘Tuhanku tidak mengindah­kan kamu, andaikan tidak karena doamu. Tetapi kamu sungguh telah mendustakan-Nya, karena itu kelak azab pasti akan menim­pamu’.” (Q.s. al-Furqan: 77)

sumber:harunyahya.com

Artikel Terkait:




Responses

34 Respones to "Doa yang dikabulkan Allah"
Afifah Ekonomi mengatakan...
InsyaAllah. Laa haula walaa quwwata illa billahi. :) 24 April 2010 19:21
Gadget mengatakan...
Amiiin ya Allah.......... 3 Mei 2010 01:18
NegeriAds.com Solusi Berpromosi mengatakan...
semoga Allah Swt selalu mengabulkan doa-doa kita.aamiin 11 Juni 2010 10:47
Asep Sukarman mengatakan...
@ kumpulan sms Amiin, InsyaAllah Allah akan segera mengabulkan do'a kita yang baik2
ono sendai mengatakan...
Allah telah berjanji bahwa akan mengabulkan semua do'a kita, 16 September 2010 03:25
Miniature Guitar Online Store mengatakan...
Insya allah doa kita terkabul semua Amiin. 24 September 2010 01:28
vpn seller mengatakan...
Amin ya robb 27 Oktober 2010 19:45
online business mengatakan...
Semoga Munajat kita dikabulkan oleh Alloh..amin3x 27 Oktober 2010 20:34
health articles mengatakan...
subhanalloh..maha benar Alloh dengan segala firmanya 27 Oktober 2010 20:38
home improvement mengatakan...
artikelnya sangat bagus, penuh makna dan pengingat akan kebesaran sang maha pencipta 27 Oktober 2010 20:45
Naruto Movie Free Download|Naruto Shippuden Free Download|Download Naruto Episodes mengatakan...
Allah kan MAHA MENGETAHUI dan MAHA MENDENGAR, jadi fungsi do'a untuk apa?? 7 November 2010 01:26
dollar mudah gratis mengatakan...
amin ya gan..semoga aja semua doa kita dikabulkan 10 November 2010 11:01
dollar dollar mengatakan...
amin ya robbal alamin 10 November 2010 11:04
Barang Unik mengatakan...
amin semoga doa kita dikabulkan 14 November 2010 09:08
Rumah Mungil Yang Sehat mengatakan...
amin.. semoga doa2 saya dikabulkan.. 20 November 2010 16:28
roqib mengatakan...
sungguh menginspirasi ane gann.. 24 November 2010 21:04
Kata kata manis mengatakan...
Nice post gan . .thx bgt yach . . 28 November 2010 00:44
iklan mobil mengatakan...
sholat itu termasuk doa dan senjatanya orang islam yang paling ampuh adl doa, dan doa yang yang paling mustajab adl doanya orang yang teraniaya, kabulkanlah doa kami ya rabb.. amiin... 28 November 2010 08:23
Gallery Ekspresi mengatakan...
Menemukan hidayah dipagi hari ini Terimakasih 28 November 2010 20:57
Training Ahli K3 mengatakan...
Semoga semua doa kita terkabulkan, amiiin.. 9 Desember 2010 22:42
hybrid cars mengatakan...
Sama seperti ketika kita mengetuk pintu dengan baik dan sopan, kita pasti akan dibukakan. 12 Desember 2010 21:55
irfan bachdim mengatakan...
informasi yang sangat menarik sekali gan... berguna baget dan keren sekali blognya..mohon bimbingannya buat bikin blog kayak gini..thanks. silahkan kunjungi blog saya mengenai profil irfan bachdim 12 Desember 2010 22:53
Download Themes Nokia mengatakan...
thanks infonya... 13 Desember 2010 09:22
appzone mengatakan...
doa yg paling mustajab adalah doa org yg teraniaya, Allohu Akbar!! 15 Desember 2010 00:57
Kaos Anak Islami mengatakan...
Alhamdulillah dapet ilmu baru dr blogwalking di pagi ini...Semoga keberkahan Allah SWT bersama kita semua.amin 15 Februari 2011 18:16
obat hiv aids mengatakan...
makasik ya dah berbagi ilmunya... semoga bermanfaat.. 16 Mei 2011 23:28
obat kanker darah mengatakan...
bagaimana sikap yang baik keetika sedang berdoa ?? 4 Agustus 2011 21:00
xamthone plus mengatakan...
makaih buat informasinya,,ini sangat membatu semoga alloh senantiasa mendengar doa kita dan tk segan untuk mengabulkannya 10 Agustus 2011 20:38
Obat Tradisional mengatakan...
sholat itu termasuk doa dan senjatanya orang islam yang paling ampuh adl doa, dan doa yang yang paling mustajab adl doanya orang yang teraniaya, kabulkanlah doa kami ya rabb.. amiin.. 5 Oktober 2011 21:47
Obat Tradisional mengatakan...
sholat itu termasuk doa dan senjatanya orang islam yang paling ampuh adl doa, dan doa yang yang paling mustajab adl doanya orang yang teraniaya, kabulkanlah doa kami ya rabb.. amiin.. 5 Oktober 2011 21:47
travel umroh mengatakan...
Allah memang selalu memberikan yang terbaik bagi kita, alhamdulillah.. 6 Maret 2012 23:54

Poskan Komentar

Terimakasih telah bersedia berkomentar. Komentar SPAM terpaksa saya hapus. terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar